Majalah

KREASI SANTRI

Majalah Al Kautsar Al Akbar Mempromosikan Potensi Alumni Didirikan oleh Ust. Julkifli Marbun, MA

Saturday, 25 March 2017

Mengapa Tuan Syeikh Ali Akbar Marbun Juga Disebut Tokoh Barus #IndonesiaMartamiang #JBMI

KREASI SANTRI -- Dalam acara peresmian Titik Nol Peradaban Islam di Barus, Jumat (24/3) kemarin, banyak media menyebut Buya Syeikh Ali Akbar Marbun sebagai tokoh Barus.

Padahal, banyak tahu bahwa Pimpinan Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumut, tersebut merupakan kelahiran Siniang, Pakkat, Humbang Hasundutan.

Di Humbang Hasundutan pula terdapat Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Cabang Lae Toras di Tarabintang.

Penyebutan tersebut terjadi karena Barus, sejak zaman dahulu merupakan wilayah yang luas. (baca) Wilayah Pakkat dan Tukka saat itu masuk dalam Barus Hulu, sampai Onan Gamjang dan Parlilitan.

Untuk itu, Barus sering juga disebut Barus Raya karena wilayahnya melintang dari Aceh Selatan, Singkil sampai Tapnuli Tengah.

Selain itu pula, Syeikh Ali Akbar Marbun pernah sekolah di Barus di masa remaja sebelum meneruskan ke Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal.

Acara peresmian Titik Nol Peradaban Islam di Barus sendiri merupakan serangkaian acara Silaturrahmi Nasional (Silatnas) JBMI yang kini diketaui H Albiner Sitompul dan Arif Rahmansyah Marbun sebagai sekjen. (*)

Yuk gabung PanPage Facebook Belajar Quran dan Ilu Tafsir atau di sini

Majalah Kreasi Santri merupakan majalah internal Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara. Majalah ini didirikan oleh Julkifli Marbun, guru pengabdian tahun 1995-1996 beserta anak didiknya. Kini terus dikembangkan secara online.

0 comments:

Post a Comment

KREASI SANTRI
+6281284179400
Penang, Malaysia

SEND US A MESSAGE