-->

Majalah

KREASI SANTRI

Majalah Al Kautsar Al Akbar Mempromosikan Potensi Alumni Didirikan oleh Ust. Julkifli Marbun, MA

Thursday 8 August 2019

Keren! Gubernur Khofifah Luncurkan Program ‘One Pesantren One Product’

Pasangan Khofifah-Emil Dardak didukung oleh Partai Bulan Bintang saat kampanye



KREASI SANTRI -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan terobosan baru untuk program keumatan. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meluncurkan One Pesantren One Product (OPOP) bersamaan dengan puncak acara Hari Koperasi (Harkop) ke-72 Provinsi Jatim Tahun 2019.

Tiga program lainnya juga bertemakan ekonomi kerakyatan, yakni Sistem Informasi Pembelajaran dan Peningkatan Wawasan Perkoperasian (Sijawara), JATIM ISO, dan TOMIKO.

Keempat program tersebut diluncurkan bertepatan juga di acara Koperasi dan UMKM (KUKM) Expo ke-7 Tahun 201 yang digelar di Convex Grand City Surabaya, Jatim, semalam, Rabu (07/08/2019).

“Semua aplikasi dikembangkan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim,” ujar Gubernur Khofifah kutip INI-Net, Kamis (08/08/2019).

Sijawara adalah aplikasi berbasis android sebagai media pembelajaran Koperasi dan UKM. Adapun OPOP, suatu program peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis pondok pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren dan masyarakat sekitar pesantren.

Sementara JATIM ISO, adalah wadah bagi para pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertransformasi menjadi produk e-commerce lewat berbagai pelatihan pengemasan dan pemasaran.

Adapun TOMIKO, sebuah aplikasi Toko Online Milik Koperasi berbasis android sebagai marketplace yang mempertemukan produk antar-koperasi yang dikelola oleh koperasi sekunder.

Khofifah menilai bahwa peringatan Hari Koperasi tahun ini kaya dengan kegiatan. Sebab, selain ada MoU dengan perguruan tiinggi, MoU dengan pelaku bisnis e-commerce, juga meluncurkan empat aplikasi.

Khofifah memberikan contoh mengenai JATIM ISO. Aplikasi ini sebetulnya berasal dari bahasa Jawa. ISO dalam bahasa Indonesia berarti ‘bisa”. Berarti JATIM ISO adalah JATIM BISA.

“Ini bersemangat sekali. Jatim ISO menunjukkan bahwa kita itu sebetulnya bisa dan mampu. Aplikasi Jatim ISO ini sangat simpel,” ungkapnya.

Dengan program One Pesantren One Product, diharapkan bisa meningkatkan kemandirian para santri selepas dari pesantren.

Khofifah menambahkan, sebenarnya sudah lama aplikasi tersebut digagas. “Saya dan Pak Wagub (Emil Elestianto Dardak) sebetulnya sudah sering menyampaikan harapan mewujudkan One Pesantren One Product,” ujar mantan Menteri Sosial ini.

“Proses ekosistemnya disiapkan Unusa. Finalisasinya cukup banyak dibantu ITS,” tambahnya. (sumber)

Kembali ke Menu Utama | Yuk gabung PanPage Facebook Belajar Quran dan Ilmu Tafsir atau di sini | Kunjungi: Yayasan Mahmun Syarif Marbun, Lihat: Info Pendaftaran di Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan dan cabangnya di Lae Toras, Humbang Hasundutan

Majalah Kreasi Santri merupakan majalah internal Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara. Majalah ini didirikan oleh Julkifli Marbun, guru pengabdian tahun 1995-1996 beserta anak didiknya. Kini terus dikembangkan secara online.

0 comments:

Post a Comment

KREASI SANTRI
+6281284179400
Penang, Malaysia

SEND US A MESSAGE